PEMASARAN
Pengertian Pemasaran
Pemasaran atau dalam bahasa Inggrisnya Marketing merupakan proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang
atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh
menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam
memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya
akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun
juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek tertentu yang
bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih merek botol tersebut yang
sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga
mudah dibawa.
Dari beberapa Pengertian Pemasaran dari ara ahli,
dapat ditarik kesimpulannya mengenai Pemasaran, bahwa Pemasaran merupakan suatu
proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik
produk dan nilai dengan orang lain.
Pengertian Permintaan dan Penawaran
·
Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang
yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu
tertentu. Adapun unsur-unsur yang terdapat pada permintaan yakni barang atau
jasa, harga dan kondisi yang mempengaruhi. Jadi permintaan adalah jumlah barang
atau jasa yang dibeli dalam berbagai situasi dan tingkat harga.
- Kurva Permintaan
Permintaan di tempatkan sebagai
fungsi yang dipengaruhi oleh beberapa factor. Factor yang di maksid adalah
harga, barang, atau jasa, selera dan pendapatan. Keterkaitan antara permintaan
dan faktor-faktor tersebut menghasilkan rumus sbb :
X= f (Hb1, Hb2, S, P)
Dimana :
H = harga S = selera
B = barang atau jasa P = Pendapatan
Dalam kaitannya dengan factor
ekonomi pada masalah permintaan ini berlaku ceteris paribus. Dalam kondisi
seperti ini harga merupakan factor dominant dalam permintaan, sementara factor
yang lain dianggap tidak berubah.
- Pada harga yang tinggi , banyak pembeli yang tidak mampu membeli atau mungkin cenderung mencari barang substitusi dengan harga terjangkau. Sedangkan pada harga rendah, pembeli yang tadinya kurang mammpu menjadi mampu untuk membeli.
- Bagi pembeli perorangan, kenaikan harga akan memperkecil daya beli pembeli atau akan mengurangi anggaran untuk alat pemuas kebutuhan yang lainnya (dengan catatan pendapatan tetap).
- Adanya harga barang substitusi yang harganya jauh lebih rendah akan lebih menarik apabila harga suatu barang atau jasa semakin tinggi. Akibatnya pembeli akan beralih dari barang atau jasa yang telah biasa di konsumsi ke barang atau jasa substitusi
Kurva Permintaan menunjukan bahwa
semakin rendah harga barang di pasar barang yang dapat dibeli oleh masyarakat
semakin banyak. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu
harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).
2. Hukum Permintaan
Hukum permintaan berbunyi: apabila harga naik maka jumlah barang yang
diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang
yang diminta akan mengalami kenaikan. Dalam hukum permintaan jumlah barang
yang diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan
harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta, hal ini
dikarenakan:
·
naiknya
harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan berakibat berkurangnya
jumlah permintaan
·
naiknya
harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya
lebih murah.
3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Tingkat Permintaan (Demand)
1. konsumen / selera konsumen
2. Ketersediaan dan harga barang
sejenis pengganti dan pelengkap
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
4. Perkiraan harga di masa depan
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan
konsumen
Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu.
a) Hukum Penawaran
Hukum
penawaran berbunyi: bila tingkat harga
mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila
tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Dalam hukum
penawaran jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan tingkat
harga, di hukum penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah
barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
b) Kurva Penawaran
Kurva
penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan
jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan
menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu
jumlah barang (sumbu X).
c) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat
Penawaran (Suply)
Ø Biaya produksi dan teknologi yang
digunakan
Ø Tujuan Perusahaan
Ø Pajak
Ø Ketersediaan dan harga barang
pengganti/pelengkap
Ø Prediksi / perkiraan harga di masa
depan
Sumbernya : http://definisi-pengertian.blogspot.com/2010/12/pengertian-pemasaran.html
http://ri2-aff.blogspot.com/2010/02/pengertian-permintaan-dan-penawaran.html
0 komentar:
Posting Komentar