· Personalia
P Pengertian manajemen personalia
Manajemen personalia merupakan fungsi bagian dari manajemen yang berkaitan dengan manusia khususnya bagaimana menjalin kerjasama ,mengembangkan dan menumbuhkanberbagai kebijaksanaan dalam mempengaruhi orang-orang yang membentuk organisasi maupun dalam membantu para pemimpin sebagai manajer untuk mengelolah sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan .
Menurut FLIPPO manajemen personalia adalahperencanaan ,pengorganisasian ,pengarahan dan pengawasan dari pengadahan ,pengembangan ,pemberian balas jasa ,pengintegrasian ,pengarahan ,dan pemutusan hubungan kerja karyawan dengan maksud untuk mencapai tujuan individu karyawan ,perusahaan ,organisasi dan masyarakat .
Dari definisi FLIPPO dapat disimpulkan bahwa manajemen personalia terbagi menjadi 3 aspek utama ,yaitu :
1. Fungsi manejerial
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Pengarahan
- Pengawasan
2. Fungsi operasianal
- Fungsi pengadaan
- Fungsi pengembangan
- Fungsi kompensasi
- Fungsi integrasi
- Fungsi pemeliharaan
3. Peran manejemen personalia adalah berupaya untuk mengintegrasikan tujuanperseorangn ,perusahaan maupun masyarakat .
Manajemen personalia merupakan fungsi bagian dari manajemen yang berkaitan dengan manusia khususnya bagaimana menjalin kerjasama ,mengembangkan dan menumbuhkanberbagai kebijaksanaan dalam mempengaruhi orang-orang yang membentuk organisasi maupun dalam membantu para pemimpin sebagai manajer untuk mengelolah sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan .
Menurut FLIPPO manajemen personalia adalahperencanaan ,pengorganisasian ,pengarahan dan pengawasan dari pengadahan ,pengembangan ,pemberian balas jasa ,pengintegrasian ,pengarahan ,dan pemutusan hubungan kerja karyawan dengan maksud untuk mencapai tujuan individu karyawan ,perusahaan ,organisasi dan masyarakat .
Dari definisi FLIPPO dapat disimpulkan bahwa manajemen personalia terbagi menjadi 3 aspek utama ,yaitu :
1. Fungsi manejerial
- Perencanaan
- Pengorganisasian
- Pengarahan
- Pengawasan
2. Fungsi operasianal
- Fungsi pengadaan
- Fungsi pengembangan
- Fungsi kompensasi
- Fungsi integrasi
- Fungsi pemeliharaan
3. Peran manejemen personalia adalah berupaya untuk mengintegrasikan tujuanperseorangn ,perusahaan maupun masyarakat .
·
Hubungan Perburuhan
Hubungan industrial adalah suatu system hubungan yang
terbentuk antar para pelakudalam proses produksi barang atau jasa, yang terdiri
dari pengusaha dan pemerintah. Sementarahubungan kerja adalah hubungan antara
pengusaha dan buruh berdasarkan perjanjian kerja yangmemiliki unsur pekerjaan,
upah, dan perintah.A.
A.
Alasan karyawan bergabung dalam
serikat pekerjaAda beberapa alsan mengapa karyawan bergabung dalam serikat
pekerja, antara lain :
1.
Hubungan Sosial.
2.
Adanya Peluang untuk kepemimpinan.
3.
Tekanan dari Lingkungan.
4.
Ketidakpuasan terhadap Manajemen.
B.
Tujuan Serikat PekerjaSerikat
pekerja memiliki beberapa tujuan antara lain :
1.
Keselamatan serikat pekerja
2.
Keselamatan pekerja
3.
Wadah aktivitas - aktivitas.
4.
Peningkatan kesejahteraan pekerja.
5.
Peningkatan kondisi kerja.
6.
Kewajaran dan keadilan.
C.
Jenis - jenis Serikat Pekerja, ada 3
jenis serikat pekerja yaitu :.
1.
Craft Unions
Craft
unions adalah serikat pekerja yang anggotanya terdiri dari
sekelompok karyawan dengan latar belakang ketrampilan yang sama..
2.
Industrial Unions
Industrial
Unions adalah serikat pekerja yang dibentuk atas dasar kesamaan
lokasi pekerjaan. Terdiri dari sekelompok karyawan yang memiliki
ketrampilan maupunyang tidak memiliki ketrampilan.
3.
Mixed Unions
Mixed
unions adalah merupakan serikat pekerja dimana didalamnya terdapatkaryawan yang mempunyai keterampilan, dan
setengah keterampilan dari lokasitertentu,
tidak memandang dari industri mana. Bentuk serikat pekerja inimengombinasikan craft unions dan industrical
unions.
D.
Perundingan Kolektif
Perundingan kolektif (
kolektive bargainig) adalah suatu prosses
dimana parawakil ( representative) dua kelompok bertemu dan mempunyai
tujuanmerundingkan (negoisasi) suatu kontrak
perjanjian yang mengatur kedua
belah pihak
di waktu mendatang.
·
Ada dua jenis
perundingan kolektif antara karyawan dan manajemen :
1. Tradisional
2. Integratif
·
Faktor-faktor yang berpengaruh pada
perundingan kolektif :
1. Cakupan
perundingan
2. Tekanan-tekanan
perundingan
3. Peranan
pekerja
4. Kesediaan
organisasi
1 komentar:
makasihh... :)
Posting Komentar